Saturday, February 26, 2011

3 Keberuntungan : Islam, Rezeki cukup, Qanaah.

Alhamdulillah washalatu wassalamu 'ala rasulillah, amma ba'du

Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
Telah beruntung orang yang telah Islam, mendapatkan rezeki yang mencukupi, dan qanaah kepada dengan apa yang Allah berikan
(HR. Muslim (1053)

Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam mengabarkan keberuntungan bagi siapa yang mempunyai tiga hal ini dalam kehidupannya.

Sesungguhnya seorang hamba akan beruntung manakala ia mendapatkan hidayah pada Islam yang ini adalah agama Allah, yang Allah tidak akan menerima agama selain agama islam, dan hal ini adalah jalan keselamatan yang akan terhindar dari adzab didunia dan dineraka.

Dan beruntunglah orang yang mendapatkan rezeki yang mencukupinya, yang mencukupi dari meminta-minta kepada orang lain.

Dan beruntunglah hamba yang mempunyai qanaah terhadap apa-apa yang Allah berikan padanya, yaitu ridha dengan apa yang diberikan oleh Allah dan merasa cukup, dan tidak tamak jiwanya pada apa yang tidak ia dapatkan.

Dan manakala hilang tiga perkara ini atau salah satunya maka ia akan menjadi orang yang merugi dan tidak beruntung.

Orang merugi itu yang tidak mendapatkan hidayah pada islam sehingga ia akan mendapatkan adzab abadi didunia dan neraka.

Dan orang yang merugi juga adalah manakala mendapatkan rezeki dari Allah secara cukup dan luas namun ia tidak merasa qanaah, tidak merasa tentram hatinya dengan apa-apa yang Allah berikan, maka orang ini adalah orang yang miskin hati dan jiwanya, karena bukanlah kaya itu kaya benda namun kaya itu adalah kayanya hati, betapa banyak orang yang hidup secara cukup tapi ia mempunyai kekayaan dalam hatinya, ridha dan qanaah dengan pemberian Allah.
 
sumber : nasehat muslim.


No comments:

Post a Comment